OJK Sebut Aplikasi Compass Penghasil Uang Ilegal

OJK Sebut Aplikasi Compass Penghasil Uang Ilegal
OJK Sebut Aplikasi Compass Penghasil Uang Ilegal

Akhir-akhir ini beredar kabar yang mengatakan jika Satgas Waspada Investasi (SWI) dari OJK menyatakan jika aplikasi Compass penghasil uang termasuk ke dalam ensitas ilegal, benarkah?

Aplikasi penghasil uang berkedok investasi memang marak muncul belakangan ini. Tak jarang, sejumlah orang justru dirugikan karena aplikasi tidak membayar atau diblokir oleh pemerintah.

Namun, walaupun demikian, banyak sekali orang yang tertarik dengan aplikasi ini karena menawarkan kemudahan untuk mendapatkan uang hanya melalui genggaman ponsel pintar saja.

Beberapa aplikasi penghasil uang yang telah kami bahas sebelumnya seperti Ocean Engine penghasil uang sendiri sama persis dengan aplikasi penghasil uang yang banyak dibicarakan belakangan ini.

Selain itu, ada beberapa aplikasi lainnya yang juga tak kalah populernya. Diantaranya adalah seperti aplikasi Compass penghasil uang, Oppo Power APK, Tiktok Cash, hingga Vtube.

Apa itu Compass Penghasil Uang?

Aplikasi Compass penghasil uang adalah sebuah aplikasi investasi yang mana pada aplikasi ini penggunanya bisa mendapatkan uang hanya dengan menjalankan misi atau mengundang teman.

Pada aplikasi ini, pengguna juga dapat melakukan deposit atau investasi sejumlah uang agar jumlah uang yang bisa didapatkan lebih banyak ketimbang pengguna yang tidak melakukan top up.

Compass sendiri memiliki skema ponzi atau money game. Yang mana, pengguna yang lebih dulu bergabung akan mendapatkan keuntungan, sementara pengguna baru harus bekerja lebih ekstra.

Sistem seperti ini memang tengah menjadi kontroversi di masyarakat, karena sistem aplikasi yang memiliki skema ponzi atau money game seperti ini tidak akan bertahan lama dan cenderung berpotensi melakukan penipuan.

Dari pengalaman-pengalaman sebelumnya, seperti Tiktok Cash yang membawa lari uang membernya setelah dinyatakan ilegal tentu saja harus membuat kita lebih waspada dalam melakukan investasi di aplikasi semacam ini.

Aplikasi Compass Penghasil Uang Ilegal Menurut OJK

Baru-baru ini, OJK merilis sebuah siaran pers terbarunya yang berisi informasi terkait dengan beberapa lampiran sejumlah aplikasi penghasil uang yang telah dinyatakan sebagai ilegal.

Dalam lampiran yang dirilis pada Maret 2021 tersebut menyebutkan jika aplikasi Compass penghasil uang masuk dalam daftar entitas ilegal. Anda dapat mengakses lampiran selengkapnya disini.

Alasan aplikasi ini dinyatakan ilegal menurut OJK dalam lampiran tersebut dikatakan karena aplikasi Compass penghasil uang tersebut dinyatakan sebagai money game dengan sistem berjenjang.

Bukan hanya aplikasi Compass penghasil uang saja, beberapa aplikasi lainnya seperti Love Money, Share Results, Umoney, dan Komunitas Berbagi Rizki juga dinyatakan ilegal dengan alasan serupa.

Tidak hanya aplikasi-aplikasi di atas tadi, aplikasi Snack Video yang belakangan ini populer dibicarakan juga dinyatakan ilegal oleh OJK dengan alasan penyelenggara konten video tanpa izin.

Bagaimana Nasib Member Compass?

Mungkin banyak sekali member Compass yang telah melakukan deposit atau investasi pada aplikasi ini. Menurut kami, situs yang beralamatkan ck.k5li.com compass ini tidak akan lama lagi bertahan.

Selagi bisa, kami sarankan agar anda langsung menarik uang yang telah anda investasikan pada aplikasi ini. Karena, dikhawatirkan jika aplikasi ini tiba-tiba saja melarikan diri dengan membawa uang member.

Berkaca dari aplikasi Tiktok Cash yang sebelumnya juga dinyatakan ilegal juga memiliki sistematika yang sama. Setelah diumumkan sebagai aplikasi ilegal, tiba-tiba saja aplikasi Tiktok Cash tidak dapat diakses.

Hal ini kemudian menimbulkan banyak kerugian pada member yang telah melakukan deposit pada aplikasi ini. Bukan hanya puluhan ribu rupiah saja, bahkan sebagian member telah berinvestasi hingga puluhan juta.

Karena aplikasi ini tidak jelas asal-usulnya, bahkan tidak tercatat di OJK, maka tidak ada yang bisa dilaporkan. Oleh karean itu, anda harus berhati-hati dalam melakukan investasi dengan jumlah uang yang cukup besar.

Agar hal tersebut tidak terulang, pastikan jika anda melakukan investasi pada aplikasi yang sudah jelas terdaftar di OJK, dan tidak memiliki sistem atau cara kerja dengan skema ponzi atau money game.

Akhir Kata

Nah itulah sedikit ulasan mengenai aplikasi Compass penghasil uang yang dinyatakan ilegal oleh OJK melalui SWI. Semoga informasi tadi membuat kita lebih waspada dalam melakukan investasi.