Aplikasi yang Diblokir Kemendikbud Serta Cara Membukanya

Aplikasi yang Diblokir Kemendikbud Serta Cara Membukanya
Aplikasi yang Diblokir Kemendikbud Serta Cara Membukanya

Aplikasi yang diblokir Kemendikbud dari kuota bantuan yang diberikan untuk pelajar hingga pengajar membuat banyak orang penasaran dengan bagaimana cara membuka aplikasi yang diblokirnya.

Kemendikbud belum lama ini memberikan bantuan subsidi kuota untuk pelajar dan pengajar demi mewujudkan program pembelajaran jarak jauh (PJJ) dari rumah berjalan dengan baik.

Sebelumnya, Kemendikbud juga telah memberikan bantuan kuota hingga puluhan giga untuk pelajar dan pengajar. Hanya saja, tidak semua aplikasi tidak dapat diakses untuk seluruh hal.

Kebanyakan kuota yang diberikan adalah kuota multimedia yang hanya dapat digunakan untuk mengakses situs-situs atau aplikasi-aplikasi yang berhubungan dengan pembelajaran jarak jauh.

Hal inipun menimbulkan banyak respon dari pelajar. Mengingat, tidak seluruh kuota tersebut terpakai dan terkesan mubazir. Namun, kini Kemendikbud memberikan bantuan subsidi kuota gratis yang berbeda.

Kini, kuota yang diberikan secara cuma-cuma oleh Kemendikbud dapat digunakan untuk mengakses seluruh aplikasi. Akan tetapi ada beberapa aplikasi yang diblokir Kemendikbud dalam kuota ini.

Mungkin banyak dari kalian yang masih belum mengetahui mengenai aplikasi tidak dapat digunakan dengan kuota Kemendikbud ini. Berikut ini adalah daftar aplikasi yang diblokir Kemendikbud.

Aplikasi yang Diblokir Kemendikbud

Setidaknya ada beberapa aplikasi yang tidak bisa dibuka oleh kuota subsidi Kemendikbud yang diberikan secara cuma-cuma ini. Beberapa diantaranya mungkin tidak asing lagi kalian dengar.

Beberapa aplikasi yang diblokir Kemendikbud dalam kuota subsidi ini diantaranya adalah Tiktok, Facebook, Twitter, Instagram serta situs-situs lain yang telah lebih dulu diblokir oleh Kominfo sebelumnya.

Perlu diketahui jika deretan atau daftar aplikasi yang diblokir dalam program kuota subsidi ini sewaktu-waktu bisa bertambah atau berubah, hal ini bergantung pada kebijakan Kemendikbud itu sendiri.

Karena aplikas yang diblokir merupakan aplikasi-aplikasi yang cukup populer, mungkin saja Kemendikbud ingin para pelajar yang mendapatkan kuota ini diperuntukkan untuk kegiatan belajar mengajar saja.

Mungkin saja, jika kuota ini diperbolehkan untuk seluruh aplikasi. Pelajar akan menghabiskan kuota tersebut untuk menjelajahi aplikasi-aplikasi yang telah masuk dalam daftar aplikasi yang diblokir tadi.

Cara Membuat Aplikasi yang Diblokir Kemendikbud

Untuk dapat membuka aplikasi yang diblokir dalam kuota subsidi untuk pelajar dan pengajar ini sebetulnya sangatlah mudah. Kalian bisa mencoba menggunakan Wi-Fi atau provider internet lain.

Namun, pastikan jika kalian menggunakan provider lain, kartu tersebut juga tidak mendapatkan kuota subsidi dari Kominfo. Nah setelah itu, kalian sudah dapat membuka aplikasi tersebut.

Sebetulnya masih ada cara lain untuk membuka aplikasi yang diblokir Kemendikbud dari kuota subsidi ini. Tetapi, ada baiknya jika kalian memanfaatkan kuota tersebut untuk kebutuhan belajar.

Jika kuota ini dimanfaatkan untuk keperluan lain, mungkin saja kedepannya daftar situs yang diblokir akan bertambah. Jadi, manfaatkanlah kuota yang satu ini untuk fokus belajar dari rumah yaa.

Apabila kamu ingin mengetahui lebih lanjut tentang bantuan kuota subsidi Kemendikbud 2021. Kamu bisa langsung membaca ulasan selengkapnya pada laman Kemendikbud yang bisa diakses disini.

Akhir Kata

Nah jadi itulah daftar aplikasi yang diblokir Kemendikbud dalam kuota subsidi yang baru-baru ini dibagikan oleh pemerintah. Mudah-mudahan kalian dapat memanfaatkan kuota ini dengan baik yaa.