Cara Mengajukan Pengembalian Dana di Shopee

cara mengajukan pengembalian dana di shopee
Cara Mengajukan Pengembalian Dana di Shopee

Cara Mengajukan Pengembalian Dana di Shopee – Modus penipuan seringkali terjadi di internet. Kebanyakan penipuan terjadi akibat transaksi yang dilakukan secara langsung dan tidak melalui pihak ketiga. Namun, seiring berkembangnya waktu, transaksi dapat dilakukan dengan aman.

Transaksi yang dapat dilakukan dengan aman adalah transaksi yang dilakukan melalui pihak ketiga seperti situs jual beli online Shopee. Dengan menggunakan situs seperti ini, dana atau uang tidak akan langsung diserahkan ke penjual sebelum barang sampai dan sesuai apa yang dipesan.

Sesudah pembeli melakukan konfirmasi barang telah diterima, maka uang akan langsung diteruskan ke penjual oleh pihak ketiga yaitu Shopee. Nah dengan metode seperti ini, maka transaksi jual beli online dapat dilakukan dengan sangat aman tanpa takut tertipu. Lantas, bagaimana jika barang tidak sesuai?

Ajukan Pengembalian Dana Shopee

Apabila barang rusak atau tidak sesuai dengan apa yang kita lihat pada toko atau deskripsi barang tersebut. Pembeli bisa mengajukan pengembalian dana di Shopee. Namun, perlu ditegaskan jika ingin ajukan pengembalian dana Shopee hanya bisa dilakukan sebelum pembeli menekan tombol pesanan diterima.

Nah, jadi ada baiknya jika setelah kamu menerima barang tersebut, kamu harus mengecek barang tersebut secara teliti. Setelah itu, barulah kamu bisa menekan tombol pesanan diterima. Jika pesanan tidak sesuai atau rusak, kamu bisa langsung mengajukan pengembalian dana.

Pengajuan ini dilakukan tidak kepada Shopee, tetapi langsung kepada penjual. Penjual juga bisa menolak pengajuan pengembalian dana. Oleh karena itu, ada baiknya kamu merekam aktivitas kamu ketika unboxing barang, kemudian mengirimkan bukti kuat berupa video unboxing tersebut kepada penjual.

Tapi, mungkin kamu penasaran, bagaimana caranya mengirimkan video ke penjual. Padahal tidak ada fitur untuk mengunggah video pada fitur chat di Shopee. Kamu bisa membaca cara mengirim video di chat Shopee untuk dapat mengunggah video komplain atau pengajuan pengembalian dana.

Proses Pengembalian Dana Shopee

Sebelum kita membahas mengenai cara mengajukan pengembalian dana Shopee. Mari kita bahas terlebih dahulu bagaimana proses pengembalian dana Shopee. Seperti yang tadi tipstekno katakan, pengembalian ini dapat dilakukan pembeli sebelum menekan tombol pesanan diterima.

Berlakunya masa garansi Shopee untuk melakukan pengembalian dana ini hanya berlaku selama waktu pengemasan ditambah dengan estimasi waktu pengiriman. Dihitung dari konfirmasi pembayaran pesanan yang dilakukan oleh pembeli. Masa garansi Shopee juga dapat diperpanjang.

Setelah kamu mengajukan pengembalian dana Shopee, selanjutnya kamu hanya perlu menunggu respon dari penjual. Penjual bisa menolak ataupun menyetujui pengembalian dana. Ikuti intruksinya, jika telah selesai dana akan dikembalikan pada tergantung metode pembayaran yang kalian gunakan.

Jika kamu menggunakan metode pembayaran seperti Bank transfer, Alfamart, Indomaret dan ShopeePay, maka dana akan dikembalikan dalam bentuk ShopeePay. Sementara jika kamu menggunakan metode pembayaran lain seperti kartu kredit, debit, Akulaku atau Kredivo, dana akan dikembalikan ke akun tersebut.

Cara Mengajukan Pengembalian Dana di Shopee

Ternyata meski cara mengajukan pengembalian dana di Shopee ini sangat mudah. Masih banyak pengguna Shopee yang masih saja kebingungan untuk melakukannya. Kali ini, saya akan membahas bagaimana cara mengajukan pengembalian dana di Shopee dengan sangat mudah.

Begini cara mengajukan pengembalian dana di Shopee:

  1. Buka aplikasi atau situs Shopee
  2. Selanjutnya, masuk ke menu Saya > Belanjaku > Sedang Dikemas
  3. Disitu ketuk Ajukan Pengembalian Dana/Barang
  4. Lalu pilih barang yang akan dikembalikan
  5. Tahap berikutnya, pilih alasan mengapa barang dikembalikan
  6. Ketik alamat email yang digunakan
  7. Terakhir ketuk tombol Kirim.

Agar cara mengajukan pengembalian dana di Shopee ini dapat di proses oleh penjual, pastikan kamu mengirim bukti kuat berupa screenshot, foto maupun video sebagai bukti transaksi yang telah kamu lakukan ke alamat email dispute@shopee.co.id. Setelah itu ikuti saja intruksi pengembalian dananya.

Penutup

Demikianlah cara mengajukan pengembalian dana di Shopee. Semoga proses pengajuan dana di Shopee yang kamu lakukan dapat berjalan dengan lancar. Masih ada yang belum jelas dan masih ingin ditanyakan? Jangan lupa untuk mengirimkan pertanyaan melalui kolom komentar di bawah ini.